Selamat Datang di Website Resmi Desa Mekarjaya Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut  

Sejarah Desa

Administrator | 26 Agustus 2016 08:38:09 | 932 Kali

Desa Mekarjaya berdiri pada tahun 1981 dibawah pimpinan Bapak Elim Suharman dan berlokasi di Ciharus. Beberapa tokoh yang ikut mendirikan Desa Mekarjaya ini antara lain adalah:

  1. Bapak E. Suwandi (Pamegatan)
  2. Bapak Danu W (Cibubuay)
  3. Bapak Arjo (Barubandung)
  4. Bapak Wasim (Ciarileu)
  5. Bapak H. M. Yunus (Ciarileu)
  6. Bapak Sumpia (Mangunreja)
  7. Bapak Anami (Ciharus).

Awalnya lokasi Desa Mekarjaya berada di Ciharus diatas tanah carik peninggalan Belanda. Kemudian tanah tersebut dijual dan uang hasil penjualan tersebut dibelikan lagi tanah di daerah Barubandung  yang sampai sekarang menjadi lokasi Desa Mekarjaya. Letak Desa Mekarjaya ini berada di Garut bagian Selatan tepatnya di Kp. Keser 03/03 Mekarjaya Cikajang Garut.

Sasakala nama Desa Mekarjaya. Konon kabarnya di kampung Pamegatan terdapat sebuah gunung dan hutan yang lebat serta angker. Gunung tersebut jarang sekali dijamah oleh manusia, Gunung tersebut dinamai Gunung Jaya pada tahun 1976 kebelakang Desa Mekarjaya adalah bagian dari Desa Cikajang RW ke 11, mengingat jumlah penduduk dan luas wilayah geografis sudah cukup memenuhi persyaratan, Desa Cikajang dimekarkan menjadi beberapa Desa diantaranya Desa Mekarjaya, pengambilan nama Mekarjaya diambil dari pertama pemekaran desa menjadi Mekar dan yang kedua dari nama Gunung yang ada di wilayah Desa, yaitu Jaya sehingga menjadi Mekarjaya.

Sampai sekarang kepemimpinan Kepala Desa Mekarjaya sudah mencapai 4 periode. Periode pertama di pimpin oleh Bapak Elim Suharman. Pada masa kepemimpinan beliau perkembangan desa sangat maju, karena dengan sikap bijaksana beliau, beliau mampu membina masyarakat agar menjadi masyarakat yang maju. Beliau terkenal bijaksana karena sebagai pemimpin, beliau mampu menjadi teladan masyarakat, sebagai contoh beliau rela mengorbankan hartanya demi pembangunan desa tersebut, sampai beliau pernah mengalami kejadian pahit ketika membangun desa tersebut. Masa kepemimpinan beliau berlangsung selama 9 tahun, mulai dari tahun 1981 s/d 1990.

Kemudian kepemimpinan Desa Mekarjaya digantikan oleh Bapak Ana (Alm) yang memimpin kurang lebih selama 10 tahun yaitu dari tahun 1990 sampai tahun 2000. Beliau terkenal dengan keramahannya, sangat dekat dengan masyarakat dan beliau terus berusaha menata desa dengan lebih maju.

Periode ke 3 kepemimpinan digantikan oleh Bapak Syarifudin, yang berlangsung selama 8 tahun, yaitu dari tahun 2001 sampai tahun 2008. Kemudian dari tahun 2008 sampai tahun 2015 dipimpin Bapak Sukanda, semenjak pemerintahan Desa Mekarjaya dipimpin olehnya perkembangan sangat pesat dibidang pembangunan, pemberdayaan dan Keagamaan sehingga masyarakat merasa betul betul punya pimpinan dan kedekatan terhadap masuyarakat sangat dirasakan, beliau bertindak sebagai pimpinan desa tidak semena-mena dan selalu berkordinasi bersama lembaga desa dan tokoh masyarakat, Pada Tahun 2015 beliau mencalonkan kembali menjadi Kepala Desa Mekarjaya untuk periode 2015-2021 dan bapak sukanda memenangkan kembali dalam pemilihan tersebut sehingga pada saat ini bapak sukanda memimpin kembali Pemerintahan Desa Mekarjaya, dengan Visi Misinya.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Agenda

Aparatur Desa

Back Next

Info Media Sosial

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung